Friday, October 12, 2012

Simbiosis itu apa? ada hubungannya nggak sama arti osis?

hello!
                             oke fine pertanyaan bodoh yang di judul adalah benar-benar bikin malu kalau kita ungkapkan terang-terangan didepan temen karena kebodohan kita terlihat_-. oke biar kita kece juga berilmu eceileh! haha kita perdalam juga apa si itu arti SIMBIOSIS? apa sama sama arti osis? ya jelas beda mau tahu? ayo baca..

                             Simbiosis adalah hubungan bersama antara dua organisme yang berbeda jenis. simbiosis dibagi menjadi 3 macam, yaitu sebagai berikut.


  • Simbiosis Mutualisme: adalah hubungan antara organisme yang saling menguntungakan. contohnya kerbau dengan burung jalak, lumut dengan kerak,  ikan remora dengan hiu dan bunga dengan lebah.
contohnya yang gue ambil adalah kerbau dan burung jalak hubungan ini kenapa menguntungkan? yap jawabannya adalah karena si kerbau happy atau senang karena kutu-kutu yang ada ditubuhnya dimakan si burung jalak. sedangkan si burung jalak juga seneng karena dia kenyang makan kutu hihihi.

kerbau dan burung jalak

pada awalnya sih emang semua mengklasifikasikan ikan hiu dengan ikan remora itu adalah hubungan komensalisme tapi ternyata penemuan baru didapatkan dan mengejutkan selain ikan remora memunguti sisa-sisa makanan ikan hiu. ternyata ia juga membersikhkan parasit yang berada di tubuh ikan hiu!. waw! 



  • Simbiosos Komensalisme: adalah hubungan antara oraganisme yang satu diuntungkan yang satu tidak dirugikan. contohnya anggrek dengan lebah.

kenapa anggrek? karena anggrek dapat membuat makanannya sendiri karena ia mempunyai klorofil. so dia jadi nggak nyusahin pohon inangnya :)


  • Simbiosis Parasitisme: adalah hubungan organisme yang mana yang satu diuntungkan dan yang satu dirugikan. contohnya kutu pada rambut manusia lebih tepatnya pada kepala manusia kalia ya dan juga antara  benalu dengan pohon inangnya.

kenapa disebut hubungan parasitisme? karena tumbuhan
 benalu mengambil makanan si tumbuhan inang.

                                                            benalu dan tumbuhan inang


oke cukup segini aja ya penjelasannya. semoga bermanfaat bye.. :)

No comments:

Post a Comment