Friday, September 28, 2012

Macam-Macam Paragraf

nenonenonenot!
wihh bunyi ambulannya sama tuh sama otak kita yang lagi ngehang gara-gara dikasih tugas misalnya sebutkan dan jelaskan macam-macam paragraf!  apalagi kalau tugasnya mendadak kita tahunya, misalnya untuk besok? atau mungkin ada yang lagi ulangan terus searching lewat BB? *emaap nyindir* :p
dan kali ini kita akan membahas jawaban dari pertanyaan contoh diatas, yaudah langsung cekidot aja kali ya..
                  Namun, sebelum kita tahu apasaja macam-macam paragraf, nggak ada salahnyakan kita tahu apa itu paragraf? yakan yakan? hehe nah, Paragraf itu adalah kesatuan gagasan yang memiliki satu pikiran utama dan beberapa pikiran penjelas.

Dan macam-macam paragraf, yaitu :

  • Paragraf narasi: adalah paragraf yang mengisahkan sesuatu. jenis karangan ini tidak mengandung kalimat pokok dan kalimat penjelas.
  • Paragraf eksposisi: adalah paragraf yang menjelaskan/memaparkan/menguraikan sesuatu sehingga si pembaca mengetahuinya.
  • Paragraf deskripsi: adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu, sehingga si pembaca seolah-olah melihat sesuatu, mendengar sesuatu, meraba sesuatu, mencium aroma sesuatu dan merasakan sesuatu.
  • Paragraf argumentasi: adalah paragraf yang berisi pendapat dan berusaha untuk meyakinkan pembaca.
  • Paragraf persuasi: adalah paragraf yang berisi pendapat yang disertai fakta dengan tujuan mengajak pembaca untuk berbuat sesuatu.

nah, sekarang udah tahukan apa saja macam-macam dari paragraf yakan yakan? yaudah semoga postingan ini bermanfaat and see you in my next post! good bye :)

No comments:

Post a Comment