Friday, September 28, 2012

Klasifikasi Mahkluk Hidup

                  wihh ciee yang lagi usaha buat dapet jawaban PR.. dapet PR tentang klasifikasi mahluk hidup ya? yaudah cekidot aja yak langsung soalnya kalau basa-basi dulu nanti PRnya nggak selesai :p

                Klasifikasi mahluk hidup di pelajari dalam ilmu taksonomi yang khusus membahas tentang sistem pengelompokan mahluk hidup. tujuan dari klasifikasi mahluk hidup adalah untuk menyederhanakan objek berupa mahkluk hidup yang beraneka ragam berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki.

          Klasifikasi mahluk hidup mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, karena seiring dengan canggihnya teknologi dan meluasnya ilmu pengetahuan yang membuat banyak hal yang belum ditemukan tetapi sekarang terungkap sudah :)

nah, nggak ada salahnya kan kalau di post kali ini aku ngeshare juga pembagian mahluk hidup? okedeh..
jadi pembagian mahkluk hidup ada beberapa macam, berdasarkan:

  • Sistem 2 Kingdom: yaitu Animalia (dunia hewan) dan Plantae (dunia tumbuhan). ini menurut aristoteles, 384-322 SM.
  • Sistem 3 Kingdom: yaitu Animalia, Plantae, dan Protista (organisme bersel satu dan multiseluler sederhana). ini di kemukakan oleh biolog jerman bernama Ernst Haeckel, 1866.
  • Sistem 4 Kingdom: yaitu Animalia, Plantae, Protista dan Monera (organisme prokariotik/tidak memiliki membran inti sel). ini dikemukakan oleh biolog Amerika pada tahun 1956 oleh Herbert Copeland.
  • Sistem 5 Kingdom: yaitu Animalia, Plantae, Protista, Monera dan Fungi (dunia jamur). ini dikemukakan oleh biolog amerika, Robert H. Whittaker, 1969.
  • Sistem 6 Kingdom: yaitu Animalia, Plantae, Protista,  Fungi/Mycota, Eubacteria, dan Archaebacteria. ini menurut biolog Amerika, Carl Woose, 1977.
  • Sistem 7 Kingdom: yaitu Animalia, Plantae, Protista (protozoa), Chromista, Eumycota, Eubacteria, dan Archaebacteria. ini dikemukakan oleh avalier- Smith pada tahun 1998.
  • Sistem 3 Domain: yaitu Archae (dari Archaebacteria), Bacteria (dari Eubacteria), Eukarya (termasuk fungi, hewan, tumbuhan dan protista).
nah sudah tahukan tentang klasifikasi mahkluk hidup? yaudah semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita bertemu dalam postingan aku yang berikutnya :) bye..

No comments:

Post a Comment