Tuesday, November 20, 2012

Jenis-Jenis Sejarah? apaan tuh kak?


mau tahu tentang jenis-jenis sejarah? haha PR ya? yaudah jangan galau nih dikasih tahu nih haha.. cekidot!

Jenis-Jenis Sejarah
                Sejarah dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain: berdasarkan cakupan wilayah pembahasan, tingkat kekunoan, objek yang dikaji, Dan wilayah kajian.
1. Sejarah Dunia
                Peristiwa-peristiwa yang dianggap penting, kemudian dicatat sebagai kejadian yang bersejarah Dan secara cepat tersiar ke seluruh dunia. contoh kedatangan Herman WIlliem Daendels sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda, tidak lepas dari pendudukan Prancis (Napoleon Bonaparte) terhadap negeri Belanda di Eropa.
2. Sejarah Nasional Indonesia
                Suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas daripada sejarah local. Dan sejarah nasional Indonesia ini mencakup sejarah yang terjadi di seluruh Indonesia yang berpengaruh terhadap keadaan Dan keberadsaan Indonesia.
3. Sejarah Lokal
                Sejarah local merupakan study sejarah dari suatu kelompok social yang berada pada suatu wilayah tertentu.
4. Sejarah Kebudayaan indonesia
                Sejarah kebudayaan objeknya meliputi: artefak, peninggalan bangunan, ornament, tulisan, Dan seni sastra. pemaparannya berdasarkan periode sejarah.
5. Sejarah Mentalitas
                Sejarah mentalitas lebih mengutakan bagaimana ide atau semangat itu dapat  mempengaruhi proses sejarah tertentu. Bilintong dalam bukunya Fire in Mind of Men mengisahkan bahwa dahsyatnya revolusi-revolusi karena didasari oleh semangat, ideology, atau nilai-nilai yang memberikan inspirasi untuk melakukan tindakan yang radikal.  sebuah novelkarya Sewarsih Djojopoespito berjudul Buiten Het Reel (Di Luar Kekangan) menceritakan perjuangan kaum pergerakan kaum pergerkan nasional dalam memberikan pendidikan kepada rakyat pribumi. Lucien Febver mengutarakan konsepnya mengenai sensibilitas dalam sejarah. sensibilitas berani kehidupan emosional manusia. febver mengharapkan adanya jenis sejarah yang baru tentang cinta, kesedihan, ampunan, berkah, kematian, belas kasihan, kekejaman, ketakuan kebencian Dan sebagainya.

Semoga bermanfaat yaaaa :) bye.

No comments:

Post a Comment